Berkembang Biak dan Berkembang Baik

Oleh: M. Deman Putra Tarigan

Tak bisa dimungkiri, manusia perlu berkembang biak. Sebagai makhluk hidup seperti halnya hewan dan tumbuhan, kita memang harus meneruskan keturunan. Namun ada hal lain yang sangat penting selain berkembang biak, yaitu “berkembang baik”.

Perbedaan antara manusia dan hewan ada pada pikirannya. Itu sebabnya kita tidak sama dengan hewan yang “hobi” berkembang biak. Kita harus berkembang baik, lebih baik, dan menjadi yang terbaik.

Kita harus menjadikan hari ini lebih baik dibanding kemarin. Itu berarti kita melakukan proses agar semakin hari semakin baik. Berkembang baik.

Ketika kita lahir mungkin kita hanya bisa menangis dan “pasrah”.¬†Selanjutnya kita mulai menggerakkan tubuh miring ke kiri atau ke kanan, merangkak, berdiri, berjalan, sampai akhirnya lari.

Kalau sekarang kita ingin menjadi ahli dalam suatu bidang, kita hanya perlu mengikuti prosesnya. Dari awal, terus berkembang baik, konsisten dan fokus, hingga akhirnya kita akan menjadi ahli (mahir). Semua sama dengan proses yang kita lalui dari sejak kita lahir hingga bisa berlari. Semua tahapan itu adalah proses berkembang baik.

Baiklah, cukup sekian saja ya. Selamat berkembang biak dan berkembang baik :-)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *