Tugas DPJA 5 November 2016

Salinlah Artikel berikut ini ke dalam Buku Catatan…

=========================================

MENGENAL “MANDAYS” PADA PROYEK JARINGAN AKSES

Setelah membuat perencanaan jaringan akses dengan memperhitungkan peramalan terhadap permintaan (demand) maka setelah itu dilanjutkan dengan menghitung anggaran dan biaya. Biasanya akan dibuat RAB (rencana anggaran dan biaya). Ada beberapa data yang harus dipersiapkan sebelum mulai menghitung RAB secara detail yaitu :

1. Ruang lingkup pekerjaan
2. Volume pekerjaan
3. Project milestone
4. Historical data dari proyek-proyek sebelumnya

Cepat lambatnya pengerjaan suatu proyek akan sangat bergantung pada produktivitas pekerja proyek tersebut. Inilah yang dikenal dengan istilah “mandays”. Secara umum pekerja pada suatu proyek pembangunan jaringan akses terdiri dari pekerja dan teknisi instalasi jaringan.  Dalam pembahasan kali ini ruang lingkup jaringan akses kita batasi pada akses fiber optic (FO).

Produktivitas bisa kita dapatkan dengan membagi volume pekerjaan yang telah terpasang dengan jumlah mandays yang dibutuhkan untuk penyelesaian pekerjaan sebesar volume tersebut. Produktivitas biasanya dihitung per bulan, walaupun bisa juga dihitung per minggunya.

Sebagai contoh, diketahui pekerja pemasangan FO berjumlah 10 orang bekerja selama 30 hari. “Volume” FO terpasang adalah 40.000 meter. Hitunglah produktivitas pekerja FO tersebut selama 1 bulan.

Jawaban:

RUMUS: Total mandays = Hari kerja x Jumlah pekerja

= 30 x 10

= 300 mandays (atau orang x hari)

Produktivitas   = Volume / Mandays

= 40.000 / 300

= 133 meter/orang/hari

Jadi produktivitas teknisi FO adalah 133,33 meter/orang/hari.

=====

TUGAS

Buatlah rancangan jaringan akses fiber optic pada sebuah kawasan perumahan yang memiliki 100 rumah dengan memperhitungkan mandays yang efektif dan efisien. Jika produktivitas teknisi FO adalah 20 meter / orang / hari, berapakah mandays yang diperlukan untuk menyelesaikan pembangunan jaringan FO pada kawasan tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *