Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Buah kiwi adalah buah yang kaya serat sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bagi Anda yang belum tahu dari negara manakah buah kiwi berasal, jawabannya adalah dari Tiongkok. Bukan Selandia Baru. Namun karena nama “kiwi” berasal dari nama burung yang tidak bisa terbang yang hidup di daerah Selandia Baru sehingga banyak yang beranggapan buah kiwi berasal dari sana.

Secara umum bentuk buah kiwi adalah oval dengan warna coklat-kehijauan. Cara menanam buah kiwi di Indonesia relatif mudah karena hanya perlu menyemai bijinya saja. Namun sebelumnya biji buah kiwi perlu direndam dengan air hangat lalu dikeringkan. Setelah itu biji kiwi perlu dibungkus 1 malam dengan kapas atau bisa juga dengan tisu. Tanamlah biji kiwi tadi pada media tanah humus selama sekitar 10 hari hingga berkecambah.

buah kiwi

Kecambah buah kiwi selanjutnya bisa ditanam di pot ataupun media tanam yang lain. Anda harus sabar menunggu hingga 3 sampai 4 tahun untuk bisa memanen buahnya. Kalau Anda tak sabar, Anda langsung bisa membeli buah kiwi di pasar buah terdekat J

Buah kiwi ternyata mengandung antioksidan yang sangat tinggi terutama pada kulitnya. Antioksidan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kita karena mampu melawan bakteri seperti E-coli dan staphylococcus. Selain itu antioksidan juga berperan penting sebagai antikanker, antialergen, serta antiperadangan.

Selain antioksidan, buah kiwi juga mengandung ion potasium. Ion potasium (kalium) merupakan mineral terbanyak ke-3 yang terdapat di dalam tubuh kita. Potasium ini berperan penting yang salah satu fungsinya bisa menurunkan tekanan darag yang tinggi (hipertensi).

Satu lagi kandungan buah kiwi yang sangat besar adalah vitamin C. Bahkan dikabarkan jika kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jeruk dan buah-buah yang lain.

Dengan demikian, beberapa manfaat atau khasiat buah kiwi adalah:

  1. Meningkatkan stamina dan daya tahan atau kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C dan elektrolit.
  2. Mencegah hipertensi atau darah tinggi.
  3. Mencegah penyakit jantung karena mengandung magnesium yang dapat mengurangi gejala penggumpalan darah.
  4. Meningkatkan kualitas otak dan daya pikir karena buah kiwi mengandung asam amino.
  5. Membantu menurunkan berat badan.
  6. Baik untuk kesehatan kulit karena mengandung vitamin E.
  7. Baik untuk kesehatan mata karena mengandung zeaxanthin dan lutein yang tinggi.
  8. Dapat membersihkan racun pada tubuh.
  9. Bermanfaat bagi ibu hamil karen amengandung asam folat yang sangat baik untuk janin yang sedang berkembang serta buah kiwi dapat membantu masalah pencernaan yang sering dialami ibu hamil.
  10. Mengatasi asma.

Referensi: www.wikipedia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *